Laman

Sunday, November 23, 2014

USIA TIDAK SELALU BERBANDING LURUS DENGAN PENGALAMAN…..

Oleh : Herry Eko Jaya Putra


Usia 10 tahun belum tentu menunjukkan pengalaman 10 tahun, bisa saja yang berusia 5 tahun lebih berpengalaman dibandingkan yang berusia 10 tahun karena yang 10 tahun mungkin hanya berpengalaman 2 tahun yang diulang-ulang setiap tahunnya

Kita telah melihat banyak organisasi yang telah berusia puluhan tahun, nyatanya tidaklah lebih berpengalaman bila dibandingkan dengan organisasi yang berusia kurang dari 10 tahun

Usia memang tidak berbanding lurus dengan pengalaman, hanya yang mau belajar dari kesalahan, bersikap terbuka dan senantiasa memperbaiki diri yang akan mampu meningkatkan pengalamannya dan tidak terjebak dengan permasalahan yang sama berulang-ulang setiap tahunnya……

Sedikit meminjam content iklan rokok : TUA ITU PASTI NAMUN DEWASA ITU PILIHAN !!!

Friday, November 14, 2014

DUNIA IBARAT AIR LAUT



Oleh : Herry Eko Jaya Putra

“Dunia ibarat air laut, diminum hanya menambah haus…..” itulah penggalan salah satu nasyid yang di lantunkan oleh grup nasyid Raihan yang berjudul “antara dua cinta”. Benarlah kiranya dunia memang tak akan pernah membuat manusia puas.

Saat manusia dapat menikmati suatu kenikmatan dunia, seringkali ia menginginkan kenikmatan lainnya yang lebih.

Wednesday, November 12, 2014

KEPALA dan LEHER

Oleh : Herry Eko Jaya Putra

Kepala adalah bagian vital dari struktur organisasi tubuh. Ia terletak di puncak teratas tubuh kita. Dengan otak dan sistem saraf yang dimilikinya ia mampu mengkoordinasikan seluruh aktifitas tubuh, baik gerak sadar maupun tak sadar, dari gerak biasa sampai gerak refleks. Padanya juga terdapat panca indera yang berfungsi sebagai penghubung tubuh dengan dunia luar, peran ini sangat penting agar tubuh mampu bersikap dengan benar atas segala bentuk perubahan kondisi dunia luar. Pada kepala terdapat wajah, dimana orang lain seringkali menjadikannya tolak ukur dengan menilai diri seseorang dari tampilan wajahnya, karena wajah adalah bagian paling menarik dari seluruh organ tubuh, orang bilang wajah mencerminkan tubuh. Begitu pentingnya fungsi dan posisi kepala ini, tanpanya tubuh akan kehilangan arah dan koordinasi.

Tuesday, November 11, 2014

AIR MATA JATUH KE DALAM



Oleh : Herry Eko Jaya Putra

Suatu ketika, istriku menceritakan kisah temannya yang sering bersedih namun ia tak kuasa mengungkapkan kesedihannya itu kepada orang lain sehingga ia tahanlah kesedihannya itu dalam diamnya, seolah-olah tak terjadi apa-apa. Kemudian istriku mengatakan, “itulah yang namanya airmata jatuh ke dalam”. Antara serius dan tidak, akupun meresponnya dengan mengatakan : “air mata jatuh ke dalam menjadi ingus”. Walhasil, terjadilah sedikit perdebatan tentang makna air mata jatuh ke dalam ini.

Pada kesempatan ini, saya tidak akan bercerita tentang arti peribahasa “air mata jatuh ke dalam” juga saya tidak bercerita tentang masalah yang sedang dihadapi oleh teman istri, melainkan akan bercerita tentang alasan saya mengatakan “air mata jatuh ke dalam menjadi ingus”.

Air mata dihasilkan oleh kelenjar air mata (Lacrimal gland) sebagaimana terlihat pada gambar di bawah. Kemudian air mata yang berlebih akan dibuang ke kantong air mata (Lacrimal sac) yang bermuara ke rongga hidung (Nasal cavity).

Monday, November 10, 2014

Bibit Unggul

Orang bilang, intan 'kan tetap menjadi intan walau dimanapun diletakkan
Namun, intan yang diletakkan ditempat berdebu dan kotor tak kan berkilau seindah intan yang diletakkan di tempat yang bersih dan terjaga.

Setiap bibit unggul butuh lingkungan yang cocok untuk mengekspresikan gen unggulnya
Karena fenotip adalah hasil interaksi antara gen dan lingkungan

Jangan salahkan bibit yang tak memberi hasil maksimal, bila pola tanam, nutrisi dan iklim tak sesuai


Saturday, November 8, 2014

PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM SMP PERGURUAN ISLAM AR RISALAH PADANG


Disinilah tempat dimana diriku beraktifitas, menghabiskan waktu bersama keluarga besar Perguruan Islam Ar Risalah Padang dengan moto : ”MEMBANGUN GENERASI PENUH BERKAH”


Saya ingin sedikit bercerita tentang bagaimana kurikulum disusun disekolah ini, sebagaimana yang tercantum dalam dokumen 1 KTSP nya. Disini, kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

Friday, November 7, 2014

MENGHAFAL TAHUN DENGAN CANTOLAN JAM



Seorang teman menceritakan bagaimana gurunya dulu mencoba menyajikan materi pelajaran sejarah dengan kreatif dan sangat menarik. Diantaranya adalah gurunya mampu membuat menghafal tahun pada pelajaran sejarah menjadi mudah untuk diingat namun sulit untuk dilupakan, walau hanya sekali mendengarnya, yaitu dengan mencantolkan tahun dengan jam. Sebagai contoh, gurunya dulu mengatakan bahwa perang diponegoro berlangsung saat maghrib selama 5 menit, yaitu pukul 18.25 sampai 18.30. maksudnya adalah perang diponegoro itu berlangsung dari tahun 1825 – 1830.

#pintar saja tidak cukup bagi seorang guru, butuh lebih banyak kreatifitas.

Thursday, November 6, 2014

PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN LAGU

Oleh : Herry Eko Jaya Putra dan Amelia

Menjadi seorang guru hebat bukanlah hal mudah, namun bukan pula hal yang sangat sulit untuk diraih.

Beberapa mata pelajaran sering dianggap membosankan karena materinya yang banyak dan bersifat hafalan. Ditambah lagi banyaknya guru yang menyajikan pelajaran tersebut dengan metode ceramah dan “CBSA” (Catat Buku Sampai Habis). Sehingga, seringkali mengakibatkan siswa menjadi kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena cenderung membosankan dan tidak variatif. Minat siswa yang rendah terhadap pelajaran ini tentulah akan berujung pada hasil evaluasi belajar yang rendah pula. 

Fakta yang diungkapkan oleh Melvin L. Silberman (2006) adalah bahwa sebagian besar orang lupa tentang apa yang mereka dengar. Umumnya guru berbicara dengan kecepatan 100 hingga 200 kata per menit.