Laman

Thursday, October 16, 2014

ANTIBIOTIK

Oleh : Herry Eko Jaya Putra

Banyak orang salah kaprah terhadap antibiotic bahkan termasuk juga sebagian tenaga medis. Antibiotic bagi sebagian orang ibarat “peluru ajaib” dalam menyembuhkan penyakit. Tidak jarang kita temukan di dalam resep obat di puskesmas atau bidan terdapat antibiotic pada pasien dengan penyakit seperti demam, flu, batuk pilek, radang tenggorokan, diare dan beberapa penyakit infeksi telinga yang disebabkan oleh virus. Bahkan juga kita temukan masyarakat awam yang menggunakan antibiotic tanpa resep dokter.


Padahal, antibiotic hanya berfungsi untuk penyakit yang disebabkan oleh BAKTERI, sehingga tidak tepat bahkan tidak bekerja untuk penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur dan protozoa. Penggunaan antibiotic terkadang tidak hanya membunuh baktei pathogen (penyebab penyakit) saja, melainkan juga dapat membunuh bakteri baik didalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan ketidak stabilan pertahanan tubuh dari flora normal (bakteri baik tersebut) bahkan terkadang dapat menyebabkan munculnya infeksi lain dari jamur. Oleh sebab itu, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa penyakit yang diderita memang benar disebabkan oleh BAKTERI sebelum menggunakan antibiotic.

Sebaliknya, bila penyakit disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh sendiri sesuai masa siklusnya dan tubuh akan meresponnya dengan membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut (walau beberapa virus butuh penanganan khusus), sehingga yang harus dilakukan adalah :
1.  meningkatkan daya tahan tubuh dengan nutrisi yang cukup (walau terkadang tak berselera makan).
2.  bila tetap menggunakan antibiotik (karena jika penyakit sudah pada kondisi tertentu memang butuh penanganan ekstra) maka pastikanlah penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri agar antibiotik menjadi tepat sasaran dan gunakan sesuai resep dokter
3.   bila mengkonsumsi antibiotik sesuai resep dokter, gunakan antibiotik sampai habis sesuai resep untuk mencegah terbentuknya bakteri yang resisten terhadap antibiotik tersebut dari bakteri yang tidak mati

Jadi, jangan pernah menggunakan antibiotik jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, apalagi membeli sendiri antibiotik dan meminumnya tanpa petunjuk dokter. Maka sebelum menggunakan antibiotik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan informasi lengkap tentang penyakit anda dan penanganan penyakit yang tepat karena tidak semua penyakit memerlukan pengobatan dengan antibiotik.

No comments:

Post a Comment