Laman

Tuesday, October 21, 2014

PILIH MODERN ATAU SEHAT ?

Oleh : Herry Eko Jaya Putra


Saat ini kita sering menemukan closet duduk dibandingkan closet jongkok, bahkan disertai dengan tulisan di larang jongkok di atas closet duduk.

Sebenarnya, posisi yang lebih sehat untuk Buang Air Besar (BAB) adalah posisi alami dengan jongkok, karena pada posisi tersebut otot puborectalis mengendurkan tarikannya pada rektum yang akan menyebabkan tekanan intraabdomen jadi meningkat, sehingga lebih memudahkan kita mengeluarkan feses pada posisi tersebut.



Sebaliknya, posisi duduk menyebabkan otot puborectalis menarik rektum yang akan menyebabkan tekanan intraabdomen tidak meningkat, sehingga menyebabkan butuh tenaga dan dorongan lebih besar pada rektum untuk mengeluarkan feses.

Mungkin, itulah mengapa dalam ilmu fiqh dijelaskan bahwa tidur dalam posisi duduk mantap tidak membatalkan wudhu, karena akan sulit bagi seseorang untuk kentut dalam posisi duduk mantap.
 

Walau demikian, jangan coba-coba untuk jongkok di atas closet duduk karena dapat menimbulkan bahaya lain yang lebih besar bila terpeleset.  Sebaiknya diatur saja sedemikian rupa seperti gambar berikut :

Posisi lain yang tidak dianjurkan dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :) :


rikoy@tra

No comments:

Post a Comment