Laman

Wednesday, October 15, 2014

BUNGA DAN BIJI KACANG TANAH

Oleh : Herry Eko Jaya Putra

Salah satu pertanyaan menarik tentang kacang tanah (Arachis hypogaea L) adalah mengapa biji kacang tanah berada di dalam tanah sedangkan bunganya berada di atas permukaan tanah ? Lantas apakah biji kacang tanah bukanlah biji dari bunganya, atau merupakan umbi seperti pada wortel, ketela, kentang dll.


FAKTA 
  1. Proses penyerbukan bunga kacang tanah terjadi pada malam hari yaitu sebelum bunga mekar.  
  2. Tanaman kacang tanah melakukan penyerbukan sendiri. Penyerbukan silang pada tanaman kacang dapat terjadi tapi dalam jumlah yang sangat rendah. 
  3. Setelah terjadi pembuahan, bakal buah akan tumbuh memanjang yang disebut ginofora. 
  4. Mula-mula ujung ginofora yang runcing mengarah ke atas tapi kemudian setelah tumbuh memanjang, ginofora tadi akan mengarah ke bawah (positif geotropic) kemudian terus menuju ke dalam tanah dan membentuk polong di dalam tanah.
  5. Setelah polong terbentuk maka proses pertumbuhan ginofora yang memanjang berhenti. 
  6. Ginofora dapat tumbuh memanjang dan mencapai ukuran 6-17 cm. 
  7. Bila ginofor tumbuh lebih dari 15 cm di atas permukaan tanah, akan menyebabkan ginofora tidak dapat menembus tanah sehingga tidak akan terbentuk polong, hal itu disebabkan karena pertumbuhan dan perkembangan ginofor  menjadi polong memerlukan kondisi kelembaban dan cahaya sebagaimana yang ada di dalam tanah.
Jadi, kacang tanah adalah biji dari bunga di atas tanah yang dimasukkan kedalam tanah oleh ginofora yang kemudian membentuk polong. Sehingga ia tidak sama dengan umbi seperti ketela pohon, wortel, kentang dll.

No comments:

Post a Comment